Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sambal Bebek Madura: Bahan, Tips dan Trik Cara Membuatnya

Sebagai warga negara Indonesia, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan pendamping lauk bernama sambal. Sebagian besar masyarakat Indonesia memang sangat menyukai rasa pedas sehingga sambal ini tidak boleh ketinggalan dalam menu makanan. Sambal adalah hidangan berbentuk saus yang berbahan dasar cabai. Cabai yang digunakan pun bisa sapa saja, mulai dari cabai merah, cabai keriting, cabai hijau, bahkan cabai rawit yang pedasnya luar biasa.

Tekstur dari sambal ini juga beragam, jadi tergantung dari masing-masing orang yang membuatnya. Karena masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari sambal, tentu jenis sambal pada setiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Di Bali ada sambal matah, di Manado ada dabu-dabu, di Madura ada sambal bebek Madura, dan lain sebagainya.  

Jika kamu merupakan pecinta sambal dan ingin tahu bagaimana cara membuat sambal bebek Madura, maka bisa menyimak pembahasan ini hingga usai. 

Kenikmatan Sambal

Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, sambal sendiri merupakan lauk pendamping untuk kita menyantap nasi. Jika makan tanpa sambal rasanya seperti makan sayur tanpa garam, pasti seakan ada yang kurang. Sambal adalah pelengkap makanan yang begitu dinantikan kehadirannya, rasa yang dimiliki sambal pastinya pedas, gurih, asin, dan manis.

Cita rasa sambal juga tergantung dari selera orang-orang yang membuatnya. Namun kebanyakan orang lebih menyukai sambal dengan rasa gurih dan pedas. Tapi jika kamu menambahkan banyak campuran ke dalam sambal, maka rasa pedas dari sambal tersebut akan berkurang. Sebagian besar orang juga menggunakan sambal untuk menambah rasa hidangan saja sehingga rasanya tidak terlalu dominan.

Sambal tentunya sangat terkenal di Indonesia, buktinya ketika kamu berkunjung ke daerah manapun di Indonesia pasti akan menemukan sambal khasnya. Ada warga Indonesia yang tinggal di luar negeri dan membuka bisnis sampingan sambal, para penggemarnya pun tidak sedikit. Apalagi sambal sendiri sangat cocok dipadukan dengan berbagai makanan.

Sambal Bebek Madura

Sebelum kamu mengetahui apa resep sambal bebek Madura, mari ketahui terlebih dahulu mengenai perbedaan bumbu sambal bebek Madura dengan bumbu sambal lain. Yang membedakan sambal bebek ini dengan sambal lainnya adalah sambal bebek Madura menggunakan rempah-rempah yang pekat dan warnanya kecoklatan bahkan mengarah ke hitam. 

Cara Membuat Sambal Bebek Madura

Bumbu sambal bebek Madura memang begitu menggugah selera, apalagi disajikan dengan bebek goreng yang gurih dan nikmat, rasanya tidak ingin berhenti untuk menyantapnya ya. Di bawah ini kami sudah menyiapkan cara membuat sambal bebek Madura, simak dengan baik resep sambal bebek Madura:

Bahan

20 buah cabai rawit merah

10 cabai merah

10 butir kemiri

15 lembar daun jeruk

12 siung bawang merah

6 siung bawang putih

2 ruas lengkuas

2 ruas kunyit

2 ruas jahe

1 ruas kencur

1 buah serai, geprek

1 sdm ketumbar bubuk

2 sdt kaldu jamur

1 sdt merica

2 sdm gula merah

2 sdm kaldu ayam

Cara Membuat

Sedangkan untuk cara membuat sambal bebek Madura adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan blender di atas meja untuk menghaluskan berbagai bumbu yang diperlukan seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit merah, kunyit, jahe, kencur, lengkuas, kaldu jamur, kaldu ayam, dan ketumbar ke dalamnya. Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam blender dan haluskan.
  2. Panaskan sedikit minyak ke wajan, tunggu sampai minyak mendidih. Kemudian tuangkan semua bumbu halus ke dalamnya. 
  3. Tumis hingga bumbu matang dan harum. Gunakan saja api kecil sehingga sambal tidak gosong. 
  4. Kemudian masukkan daun jeruk, gula merah, serai, dan air asam jawa ke dalam tumisan sambal tersebut. 
  5. Aduk semuanya hingga gula merah larut ke dalam bumbu. Aduk kembali hingga rata. 
  6. Berikan merica dan sedikit garam, cicipi rasanya. Jika ada yang kurang sesuai bisa ditambahkan garam atau gula. 
  7. Masak sambal hingga kurang lebih 40 menit sampai warna sambal sedikit kecoklatan.  
  8. Terus aduk sambal hingga matang. 
  9. Jika sambal sudah matang, saring dengan minyak dan sajikan sambal dengan ayam goreng atau bebek goreng hangat.


Tips dan trik yang paling penting untuk membuat sambal hitam bebek Madura adalah api yang digunakan harus kecil. Sambal harus terus diaduk agar tidak gosong, dan pastikan warna sambal sudah kecoklatan.