Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebab Agama Islam Mudah Diterima oleh Rakyat Indonesia

Sumber gambar : Pixabay.com

Islam adalah salahsatu agama yang cepat menyebar keseluruh penjuru dunia, salahsatu yang menjadi tempat menyebarnya islam adalah Indonesia. Negara Indonesia saat ini menjadi salahsatu negara dengan mayoritas muslim terbanyak didunia. Tentunya dengan banyaknya masnyarakat Indonesia yang memeluk islam timbul pertanyaan kenapa agama Islam mudah diterima oleh rakyat Indonesia? Jika anda ingin tau sebab-sebabnya mari kita bahas Bersama.

1. Runtuhnya Kerajaan-Kerajaan Hindu dan Budha di Indonesia

Indonesia atau lebih dikenal dengan nusantara pada masa lalu (kisaran abad ke-7 s.d ke-19 Masehi) mayoritas rakyatnya adalah pemeluk agama Budha dan Hindu hal ini diperkuat dengan adanya kerajaan Majapahit yang pada saat itu berkuasa. Keruntuhan kerajaan majapahit pada abad ke-15 Masehi membawa angin segar bagi agama islam, dengan runtuhnya kerajaan ini penyebaran islam di Nusantara semakin mudah dan cepat.

Runtuhnya kerajaan majapahit menjadi awal terlahirnya kerajaan-kerajaan baru islam seperti kesulatanan demak bintaro yang didukung oleh wali songo, kerajaan ini sangat berpengaruh terhadap penyebaran islam di nusantara.

Baca juga: Kumpulan Doa-doa Pendek Islam Terlengkap dan Artinya

2. Islam Masuk dengan Damai

Pada saat Islam pertama kali masuk ke nusantara bukan melalui peperangan melaikan melalui perdagan dan pernikahan. Penyebaran islam di nusantara terus berlanjut dengan cara damai penuh kesopanan dan kelembutan.

Penyebaran islam yang dilakukan oleh Para ulama terdahulu menggunakan metode berbaur dan melebur bersama rakyat. Memasukan nilai-nilai keislaman pada budaya dan tradisi rakyat masing-masing daerah. 

Berbagai tradisi tidak pernah ditentang ataupun dilarang selagi tradisi itu tidak mengadung unsur syirik. Pada dasarnya semua tradisi dan budaya yang masih sejalan dengan agama islam diperbolehkan untuk dilakukan.  

3. Pemeluk Islam ramah tamah

Rakyat yang sudah masuk islam diajarkan untuk tetap ramah-tamah terhadap tetangga, ataupun orang non islam yang mereka temui di jalan, pasar atau tempat-tempat umum lainnya. Perilaku ramah tamah penganutnya inilah yang membuat penganut agama lain tertarik untuk masuk islam. hal ini menjadi Sebab agama islam mudah diterima oleh rakyat Indonesia

4. Masuk Islam Tidaklah Sulit

Syarat masuk islam cenderung mudah yaitu hanya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat dan yakin atas apa yang diucapkannya. Tentunya ini adalah salahsatu kemudahan yang ditawarkan islam untuk mereka yang ingin menganut islam.

5. Ibadah dalam Islam Bersifat Fleksibel

Pelaksanaan ibadah dalam islam sangat mudah dan fleksibel. Sebagai contoh adalah ibadah sholat, seseorang wajib sholat berdiri dalam keadaan sehat, namu jika keadaannya sedang tidak sehat atau sakit maka boleh sholatnya sembari duduk, sembari tidur dan bahkan boleh juga melakukan ibadah sholat untuk mereka yang lumpuh total hanya dengan kedipan mata.

Contoh lain adalah ibadah puasa wajib pada bulan Ramadhan, jika anda sedang sakit dan tidak sanggup berpuasa maka tidak apa-apa untuk anda tidak berpuasa asalkan nanti anda menggantinya ketika sudah sehat.

Islam tidak pernah memaksa seseorang untuk memeluknya, melainkan islam menerima siapa saja yang tulus ingin menjadi pemeluknya. maka dari itulah banyak rakyat indonesia yang menganut islam sampai sekarang.

6. Tidak ada Kasta/Status Sosial dalam Islam

Dapat anda pahami, kasta ialah sebuah system berbentuk status sosial yang didapatkan dengan cara diwariskan atau turunan, yang selanjutnya diiringi dengan adanya penetapan peran sosial, termasuk pernikahan,  pekerjaan dan norma-norma pada kelompok yang menggunakan sistem tersebut.

Islam tidak memandang seseorang dari jabatan, kekayaan, ataupun darah biru. Tidak ada perbedaan status sosial dimata Allah SWT, semua orang berkedudukan sama, yang membedakan hanya ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Semua umat muslim bersaudara dan sama kedudukannya dalam keimanan, maka siapa saja berhak untuk menjadi pemimpin asalkan memiliki agama yang mumpuni, dapat besanding dengan siapa saja dan tidak penting juga seseorang itu merupakan pejabat atau bukan, kaya atau miskin.

Pada waktu itu di Indonesia masih mengenal sistem kasta, Islam hadir dengan membawa kesetaraan. Maka, hal ini disambut baik oleh masyarakat nusantara. Nilai-nilai sosial juga diajarkan dalam Islam, tidak hanya hubungan baik dengan sang pencipta (hablum minallah) tetapi juga wajib berhubungan dengan sesama manusia (hablum minannas).

7. Pelaksanaan Ibadah Sederhana

Setiap ajaran (agama) tentunya memiliki cara beribadahnya masing-masing. Pelaksanaan ibadah dalam agama Islam terbagi menjadi dua yaitu Wajib dan Sunnah. Wajib adalah ibadah yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggal. seperti ibadah sholat 5 waktu, puasa dibulan ramadhan, zakat dan menunaikan haji bagi yang mampu saja. Sunnah adalah ibadah yang diperbolehkan untuk menunaikannya tetapi tidak ada larangan untuk meninggalkannya, atau bisa anda pahami juga, berpahala jika dikerjakan dan bila ditinggalkan tidak berdosa. Kemudahan inilah yang membuat Islam lebih mudah diterima. 

Dari sekian banyak ajaran kepercayaan di Indonesia Islam hadir membawa banyak perubahan, islam hadir dengan segala kemudahannya, hal inilah yang menjadi sebab agama islam mudah diterima oleh rakyat Indonesia.