Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Cendet Gondrong: Ciri-Ciri, Keistimewaan, Hingga Perbedaan antara Jantan dan Betina


Cendet Gondrong merupakan jenis Burung Cendet yang masih jadi primadona di kalangan para pencinta burung pengicau. Alasannya, tidak lain karena  suara Burung Cendet yang tergolong sangat istimewa.  

Selain itu, tampilan burung ini juga terlihat lebih menarik dibandingkan jenis Cendet lainnya. Terlebih, ada beberapa ciri khas Cendet Gondrong yang tidak dimiliki oleh Burung Cendet lainnya. Ingin tahu apa saja ciri khas tersebut? Yuk, simak informasi lebih lengkapnya di ulasan berikut ini, ya. 

Penjelasan dan Ciri Burung Cendet Gondrong

Cendet Gondrong adalah spesies Lanius Schach yang banyak ditemukan di wilayah Madura. Di daerah tersebut, burung ini populer dengan sebutan Cendet Kepala Hitam Blangkon.  

Satu-satunya alasan kenapa Burung Cendet ini disebut Cendet Kepala Hitam Blangkon adalah ciri-cirinya. Yang mana, bagian kepala burung ini mempunyai bentuk menyerupai blangkon berwarna hitam.  

Jika Anda  melihat Cendet untuk pertama kalinya, mungkin tidak akan merasa ada perbedaan antara jenis yang satu dengan lainnya. Pasalnya, sebagian besar Cendet juga punya kepala hitam.  

Bedanya, sebagaimana namanya, yakni Cendet Gondrong, burung satu ini memiliki bulu di kepala yang lebih lebat. Bagian inilah yang menjadikan kepala burung tampak seperti blangkon.  

Selain dari kepalanya, Burung Cendet satu ini juga punya beberapa ciri lain di beberapa bagian tubuhnya. Di antaranya adalah bentuk tubuh yang lebih ramping atau setidaknya proporsional dan ekor lebih panjang dengan warna hitam legam.  

Ciri lainnya, burung ini memiliki bulu putih seperti kapas, sayap hitam, hingga paruh hitam. Secara keseluruhan, burung ini memang tampak mempunyai bulu dengan warna kontras, seperti hitam dan putih. 

Keistimewaan Burung Cendet Kepala Hitam Blangkon

Dari berbagai keistimewaannya, suara Burung Cendet Kepala Hitam Blangkon yang lebih nyaring merupakan salah satu keunggulannya. Selain nyaring, burung ini juga tergolong sangat cerdas sehingga dapat dengan mudah merekam suara burung lainnya.  

Dengan sifatnya tersebut, Cendet asal Madura ini mampu meniru puluhan bunyi burung lain dengan cepat dan akurat. Di sisi lain, burung dengan ekor hitam berukuran lebih panjang dari jenis lainnya  ini juga bisa dikatakan punya mental jawara.  

Dibandingkan dengan jenis Cendet lain yang terbilang sangat mudah stres, Cendet Blangkon lebih gagah dan tidak mudah terganggu kenyamanannya. Karena keistimewaannya inilah Burung Cendet kerap dijadikan burung petarung di lomba burung pengicau.  

Namun, perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan Cendet dengan suara dan mental terbaiknya, pemelihara perlu memberikan sejumlah perawatan khusus. Jika tidak, burung ini hanya akan memiliki suara dan mental seperti Cendet pada umumnya, tidak begitu istimewa.  

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa beberapa suara Cendet tidak bisa dilatih supaya jadi lantang dan memukau. Contohnya, pada suara Burung Cendet wanita. 

Kelebihan Burung Cendet

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, keistimewaan Cendet bisa didapatkan hanya jika diberikan pelatihan terbaik. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai cara merawat burung ini.  

Pasalnya, burung ini dianugerahi berbagai kelebihan, seperti kecerdasan lebih baik dibandingkan dengan Cendet lainnya. Oleh karena itu, pelatihan yang Anda berikan akan jauh lebih mudah dipahami salah satu burung khas Madura ini.  

Kelebihan lainnya, burung ini mempunyai warna yang lebih menarik dipandang mata. Inilah yang menjadikan Cendet Blangkon sangat sulit ditemukan di alam liar, para pencinta burung telah memeliharanya. 

Suara Burung Cendet

Pada dasarnya, suara Burung Cendet baik jantan maupun betina memang cenderung lebih lantang dan panjang dibandingkan burung lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa di antara Cendet, terdapat yang lebih memukau ataupun biasa saja.  

Selain karena pengaruh latihan membuatnya gacor, sifat bawaan juga jadi alasan Cendet tidak punya suara yang istimewa. Sebagai informasi, Burung Cendet wanita adalah jenis burung yang tergolong sulit diberikan pelatihan, sekalipun merupakan jenis Cendet Blangkon.  

Dibandingkan dengan Cendet jantan, suara Burung Cendet wanita cenderung lebih monoton, tidak ada variasi layaknya Cendet jantan. Selain itu, bunyinya yang lantang tidak senyaring Cendet dengan kelamin jantan.  

Kemudian, dari kejernihannya, suara Burung Cendet wanita tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan yang laki-laki. Meski begitu, jika dibandingkan jenis burung pengicau lain dengan jenis kelamin wanita, Burung Cendet wanita bisa dikatakan siap bertarung. 

Perbedaan Burung Cendet Wanita dan Laki-Laki

Setelah mengetahui adanya perbedaan antara suara jantan dan betina, Anda tentu penasaran mengenai perbedaan keduanya, bukan? Sangat wajar, sebab rata-rata niat utama orang-orang memelihara Cendet adalah ingin melatih suaranya agar gacor.  

Sebagai informasi, selain suara Burung Cendet wanita yang terkesan lebih halus dengan tempo rendah, terdapat beberapa perbedaan lainnya. Jika Anda belum mengenal betul mana suara Burung Cendet wanita dan laki-laki, perbedaan berikut perlu benar-benar diketahui.  


Perbedaan pertama bisa dilihat dari perilaku Cendet, dibandingkan yang laki-laki, Burung Cendet wanita cenderung mempunyai sifat yang lebih tenang. Lain halnya dengan Cendet jantan yang dikenal aktif dan agresif.  

Karakteristik lainnya, Burung Cendet wanita dikenal mempunyai bulu di bagian pubis dengan motif sangat teratur. Selain itu, bagian ekor burung ini juga tidak mempunyai warna yang terlalu hitam jika dibandingkan dengan Cendet jantan.  

Namun, perlu diketahui bahwa perbedaan yang telah disebutkan tidak berlaku untuk Cendet anakan. Artinya, ciri-ciri di atas hanya terdapat pada Cendet Madura dengan usia dewasa.  

Jika Anda akan membeli jenis Cendet anakan, perbedaan antara Cendet jantan dan betina juga perlu diketahui. Di antara perbedaan tersebut, yang pertama ada di bagian perilakunya.  

Jika Burung Cendet wanita dewasa terkesan lebih tenang, jenis anakan mempunyai punya perilaku sedikit aktif dan cerewet. Sebaliknya, Cendet anakan jantan terkesan lebih tenang dan tidak manja. 

Harga Burung Cendet Madura

Setelah tahu beberapa informasi yang terdapat pada burung dengan kepala menyerupai blangkon ini, bagaimana? Makin tertarik untuk memelihara burung dengan banyak keistimewaan ini?  

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, burung satu ini sudah sulit didapatkan di alam liar. Sehingga, jika Anda ingin memeliharanya, sebaiknya mencari orang yang jual Burung Cendet Madura anakan.  

Jika Anda bertanya kenapa tidak yang dewasa, jawabannya adalah harga Cendet Madura anakan cenderung lebih murah. Sebagai informasi, saat ini harga pasaran Cendet Madura anakan yang biasa ada di kisaran Rp80.000 per ekor.  

Sementara itu, untuk jenis Blangkon Hitam, pemelihara burung yang juga jual Burung Cendet Madura anakan mematok banderol Rp250.000. Jika kualitasnya lebih bagus, tidak jarang pencinta Cendet Blangkon Hitam yang  jual Burung Cendet Madura anakan memasang harga lain.  

Tentunya, harga yang diterapkan orang yang jual Burung Cendet Madura anakan ini jauh lebih tinggi dari biasanya. Untuk saat ini,  harga jenis burung anakan yang lebih bagus kualitasnya ada di kisaran Rp350.000.

Memang benar, nominal tersebut tidak bisa dikatakan murah untuk sejenis burung. Namun, Anda bisa merawat burung ini dan mengembangbiakannya.  

Jika punya tangan dingin, Anda bisa mendapat keuntungan dari memelihara burung ini. Caranya, tentu dengan jual Burung Cendet Madura anakan kepada pencinta burung lainnya.

Post a Comment for "Cendet Gondrong: Ciri-Ciri, Keistimewaan, Hingga Perbedaan antara Jantan dan Betina"