Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Resep dan Cara Membuat Sate Madura dengan Bumbu Sangat Meresap, Dijamin Nikmat!


Sate Madura merupakan salah satu kuliner daerah di Indonesia yang mempunyai bumbu dengan perpaduan tiga cita rasa nikmat. Di antaranya adalah gurih, pedas, dan manis.

Perpaduan rasa tersebut tercipta dari rempah-rempah dalam bumbu kacang yang dilengkapi dengan potongan bawang merah serta cabai. Selain kondimen ini, beberapa hal lain juga menjadi salah satu kunci kenikmatan kuliner lokal ini, apa saja itu? Selengkapnya, di bawah ini, ya. 

Perbedaan Sate Madura dengan yang Lain

Sate Madura berasal dari kabupaten di ujung timur Jawa Timur, yaitu Madura. Berkat kenikmatannya yang tiada tanding, kuliner dengan bahan utama daging ayam ini makin dikenal masyarakat dari berbagai pelosok.  

Buktinya, di mana pun Anda berada, tentu akan sangat mudah menemukan pedagang kaki lima yang menjajakan Sate Madura. Namun, selain khas Madura, Indonesia juga punya banyak kuliner satai dari berbagai daerah lainnya, salah satunya adalah Sate Ponorogo.  

Kedua jenis olahan daging ini mempunyai karakteristik hampir sama sehingga beberapa orang sulit membedakannya. Sebagai informasi, perbedaan keduanya memang tidak terlalu banyak, tetapi bisa dikatakan cukup menjadi identitas masing-masing. 

Di antara identitasnya, Sate Madura mempunyai potongan daging berbentuk dadu dengan ukuran lebih besar daripada satai pada umumnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan mudahnya orang-orang tergugah selera oleh kuliner ini.  

Perbedaan lainnya terdapat pada bumbu kacang Sate Madura yang menggunakan bahan berbeda dari resep bumbu kacang pada umumnya. Yakni, kemiri yang membuat bumbunya lebih kental dan kaya rasa. 

Resep Sate Madura

Kini, tiap-tiap orang yang ingin menikmati sate khas Madura tidak perlu jauh-jauh pergi ke pulau sana. Pasalnya, resep Sate Madura telah banyak diketahui masyarakat sehingga jumlah pedagang kuliner ini tidaklah sedikit.  

Jika Anda sedang ingin menikmati makanan ini, solusi terbaiknya adalah mencari pedagang kaki lima di tepian jalan. Dengan begitu, Anda bisa dengan segera mencicipi satai dari Kota Madura ini.  

Selain membelinya, tidak ada salahnya jika Anda membuat sendiri kuliner ini dengan resep Sate Madura yang sangat mudah berikut. Sebagai informasi, ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat Sate Ayam Madura. 


Bahan-bahan di atas adalah bumbu pencelup sebelum satai dibakar. Sementara itu, untuk membuat bumbu kacang Sate Madura yang gurih dan bertekstur, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut. 


Sementara itu, ini adalah bahan-bahan yang juga wajib disiapkan guna menjadikan bumbu Sate Kacang Madura makin nikmat. Di antaranya adalah sebagai berikut. 


Supaya cita rasa Sate Madura berasal dari Pulau Garam ini makin terasa seperti buatan ahlinya, Anda bisa menyiapkan kondimen pelengkap berikut. 


Nah, setelah tau resep Sate Madura, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk langsung ke proses membuat Sate Ayam Madura. 

Cara Membuat Sate Ayam Madura

Dari resep Sate Madura di atas, Anda bisa memulai langkah-langkah pembuatan kuliner ini dengan cara mencampur bahan pencelup. Kemudian, lumuri daging ayam dengan bumbu utama yang disiapkan di bahan-bahan untuk membuat Sate Ayam Madura.  

Selanjutnya, Anda bisa menyimpan daging yang dicelup dalam kulkas dan menyiapkan bumbu kacangnya. Untuk membuat bumbu kacang Sate Madura yang khas dan nikmat, tumis bumbu halus hingga tercium wangi.  

Berikutnya, masukkan bahan-bahan bumbu kacang sate madura ke dalam tumisan dengan urutan yang benar. Yaitu, diawali dengan kacang tumbuk, garam, gula, kecap, dan terakhir adalah air.  

Jika sudah mengental dan mengeluarkan minyak, angkat bumbu sate kacang Madura ini dan bersiap untuk membakar sate. Siapkan alat pemanggang dan mulai tusuk daging ayam, Anda bisa memberi tiga atau empat potong daging dalam setiap tusuknya.  

Lalu, olesi tiap-tiapnya dan bakar satai sambil terus dibolak-balik agar matang sempurna. Jika sudah matang, Anda tinggal menyajikannya bersama bumbu sate kacang madura. 

Tips Mendapatkan Rasa Sate yang Nikmat

Sebagai tips untuk mendapatkan rasa sate yang lebih gurih dan nikmat, Anda bisa menyelingi tiap potongan daging dengan kulit ayam. Selain itu, mengganti dada ayam dengan bagian pahanya juga tidak masalah.  

Anda juga bisa menambahkan jeroan ayam seperti ati hingga ampela untuk menambah cita rasa gurihnya. 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Pada saat akan membuat sate khas Madura, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal,  satu di antaranya adalah pilihan jenis kacang. Pada umumnya, bumbu kacang untuk sate memang dibuat dari kacang tanah.  

Namun, jika ingin rasa yang lebih enak, tidak ada salahnya menambahkan kacang mete supaya teksturnya lebih terasa. Selain itu, pastikan Anda menggoreng kacang ini bersamaan dengan kulitnya guna mencegah gosong.  

Selain itu, mengelupas kulit kacang akan menjadikan bumbu sate khas Madura tidak berwarna dan cenderung pucat. Hal lain yang harus diperhatikan adalah penumbukan kacang, pastikan ini dilakukan ketika kacang masih panas, ya. 

Asal-usul Satai Madura Dua Versi  

Menurut sejarahnya, Sate Madura berasal dari kawasan Ponorogo yang kemudian menyebar ke daerah Sumenep. Pada saat itu, Arya Panoleh, yakni Pemimpin Sumenep berkunjung ke rumah kakaknya, Batara Katong yang bertahta sebagai Penguasa Ponorogo.  

Kedatangan Arya Panoleh disambut dengan hidangan daging yang ditusuk, kini disebut sate. Meskipun awalnya enggan memakan itu, Arya Panoleh akhirnya mengonsumsi sate dan menyukainya.  

Berlanjut dari itu, sate berkembang di Sumenep dan juga kawasan Pulau Madura. Menurut versi lainnya, Sate Madura berasal dari negara-negara di Asia Timur, seperti Arab dan juga India.  

Dalam versi yang masih berkembang dari mulut ke mulut, sate ini dibawa oleh para pedagang makanan di jalanan Jawa. Yang mana, pedagang tersebut diperkirakan adalah masyarakat muslim dari Arab hingga India.  

Versi ini dibuat dengan berdasar pada kondisi wilayah Jawa pada masa itu. Di mana sebagian besar pedagang merupakan orang-orang yang berada dari Arab.  

Selain itu, pada saat itu juga telah ada tradisi membakar sate pada hari raya Islam, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Hingga saat ini, kebenaran mengenai Sate Madura berasal dari mana memang belum pasti.  

Namun, Anda tetap bisa menikmati sajian ini tanpa perlu memikirkan dari mana asalnya, bukan? Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Resep dan Cara Membuat Sate Madura dengan Bumbu Sangat Meresap, Dijamin Nikmat!"