Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Nikmatnya Sambal Hitam Madura yang Wajib Anda Coba!


Sambal hitam Madura adalah kondimen yang tidak bisa dilepaskan dari salah satu kuliner khas Pulau Garam, yakni Bebek Madura. Seperti yang telah banyak diketahui, salah satu hal menarik dari olahan dengan bahan utama daging bebek ini adalah bumbunya.  

Yang mana, bumbu atau biasa disebut sambal rempah-rempah kuliner ini mempunyai warna legam sehingga populer dengan nama sambal hitam. Meski begitu, cita rasa dari Sambal Hitam Madura terbilang sangat nikmat sehingga siapa pun yang mencobanya, dipastikan langsung berselera.  

Lantas, bagaimana bisa bumbu berwarna hitam ini menjadi nikmat rasanya? Apa rahasia di resep Sambal Hitam Madura? Simak informasi selengkapnya mengenai salah satu kuliner khas Madura di bawah ini! 

Asal-usul Nama Sambal Hitam Madura

Sebelum populer, sambal hitam dari Madura kerap dikira gosong oleh sebagian masyarakat yang melihatnya. Namun, ternyata warna hitam tersebut bukan dihasilkan karena masakan gosong, melainkan rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu

Memang, tampilan sambal satu ini begitu hitam dan juga kental sehingga sangat wajar orang-orang yang tidak mengetahuinya mengira demikian. Karena penampilannya itulah, sebutan sambal hitam jauh lebih melekat di ingatan masyarakat.  

Untuk diketahui, rempah-rempah yang dipakai dalam sambal ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan bumbu lainnya. Akan tetapi, cara memasak yang berbeda menjadikan rasanya begitu khas dan memiliki karakteristik sendiri.  

Sebagai informasi, sambal hitam yang sering disajikan dengan Bebek Madura ini juga jadi pembeda di antara olahan bebek lainnya. Mulai dari Bebek Surabaya sebagai tetangganya Madura hingga Bebek Bogor yang juga dikenal dengan olahan nikmatnya. 

Variasi Sambal Hitam dari Madura

Menurut beberapa penjual Bebek Madura, sambal hitam khasnya ini dapat ditemukan dalam dua variasi. Varian pertama, sambal ditawarkan penjual dengan rasa pedas original sebagaimana yang masyarakat tahu dari Bebek Madura.  

Sementara itu, beberapa penjual menawarkan sambal hitam dengan rasa lebih gurih asin agar rasanya lebih sesuai untuk semua lidah konsumen. Tidak hanya konsumen dewasa, tetapi juga anak-anak hingga turis dari berbagai daerah maupun mancanegara.  

Untuk diketahui, selain sambal hitam, penjual juga menawarkan sambal hijau pada olahan Bebek Madura yang menggunakan sambal varian kedua. Dari sambal hijau itu, konsumen bisa merasakan cita rasa pedas seperti pada kuliner khas Madura. 

Perbedaan Sambal Hitam Madura dengan Sambal yang Lain

Mengingat banyaknya olahan bebek di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, tiap-tiapnya tentu memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu yang menjadi pembedanya adalah bumbunya ini.  

Di daerah lainnya, bumbu disajikan dengan tampilan seperti biasanya, yang membedakan hanya rasanya. Sementara itu, sambal hitam ini mempunyai karakteristik, rasa, hingga cara mengolahnya yang terbilang unik.  

Untuk diketahui, sambal hitam dari Madura ini harus dibuat dalam waktu kurang lebih tiga jam. Selain itu, bumbu rempah-rempah ini harus dimasak dengan api sedang selama pengolahan.  

Hal ini dikarenakan, jika apinya terlalu besar, dipastikan bumbu akan cepat gosong. Sementara itu, saat apinya terlalu kecil, waktu memasaknya akan lebih lama lagi.  

Karena itulah, untuk memasak sambal ini, seseorang harus mempunyai keahlian dalam mengendalikan emosinya, jelasnya harus sabar. Dari cara pengolahan inilah, sambal hitam mempunyai karakteristik dan cita rasa nikmat yang beda dari bumbu kuliner lainnya. 

Resep Hitam Sambal Madura

Untuk diketahui, membuat sambal hitam khas Madura sebetulnya tidak sulit. Pasalnya, keseluruhan rempah-rempah dalam resep sambal Madura adalah bumbu yang tidak asing untuk masyarakat.  

Hanya saja, seperti yang telah disebut sebelumnya, rahasia resep sambal Madura adalah kesabaran. Seseorang dituntut harus bisa sabar jika ingin mendapatkan sambal hitam khas Madura dengan cita rasa yang benar-benar nikmat.

Bahan-Bahan dalam Resep Sambal Hitam Madura

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, bahan-bahan untuk membuat sambal hitam ini tidak begitu sulit. Masyarakat bisa dengan mudah menemukannya di dapur masing-masing atau pergi ke pasar terlebih dulu.  

Untuk diketahui, berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan jika ingin membuat sambal hitam khas Madura. Pastikan untuk mencatatnya dengan benar, ya! 

Cara Membuat Sambal Hitam khas Madura

Untuk memasak sambal hitam yang menjadi ciri khas Bebek Madura, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, rebus daging dengan cara manual agar tekstur yang dihasilkan benar-benar pas, tidak alot pun tidak lembek.  

Kedua, jika daging bebek sudah hampir matang, Anda bisa mulai menyiapkan bumbu hitam atau sambal hitam ini. Caranya, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, bubuk/biji ketumbar, merica, dan cabai merah.  

Selanjutnya, Anda bisa menumis bumbu halus tersebut dengan api sedang. Tambahkan geprek serai, daun jeruk, garam, dan gula merah supaya wanginya kian tercium serta cita rasanya juga makin nikmat.  

Ketiga, Anda bisa menambahkan kaldu bebek dengan kadar sesuai selera supaya rasanya makin nikmat. Keempat, masukan daging bebek yang telah dipotong dengan ukuran sama dan biarkan bumbunya meresap ke dalam daging.  

Jika sudah dirasa meresap, Anda bisa mengangkat daging bebeknya dan membiarkan bumbu tetap dimasak di api sedang. Sementara itu, tiriskan bebek sebentar, lalu siapkan wajan dan panaskan minyak.  

Selanjutnya, goreng bebek hingga tekstur luarnya lebih krispi. Sebagai saran, Anda juga bisa menggoreng daging bebek ini setelah bumbunya benar-benar matang.

Jadi, ketika makanan ini dihidangkan, dagingnya masih hangat dan rasanya juga pasti lebih nikmat. Pada saat membuat bumbu, pastikan untuk selalu mengaduknya dan memberi kaldu sedikit demi sedikit.  

Teruslah mengaduk hingga sambal benar-benar kental dan mempunyai warna legam. Jika sambal hitam dan bebek sudah digoreng, Anda bisa menikmatinya langsung bersama keluarga. Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat makan khas Madura untuk menikmati sajian ini. 

Kreasi Resep Sambal Hitam Madura

Pada dasarnya, sambal hitam dari Madura memang identik dengan olahan bebek goreng. Pasalnya, ini merupakan kondimen penting dalam kuliner Bebek Madura.  

Namun, jika Anda tidak suka dengan daging bebek Anda bisa mencoba membuat sambal hitam khas Madura sebagai bumbu ayam goreng. Selain itu, tidak ada salahnya mencoba menikmati sambal hitam ini dengan ikan goreng ataupun olahan seafood lainnya.  

Kreasi ini juga bisa diterapkan oleh Anda yang hobi mengeksplor makanan dan masakan nusantara. Demikianlah informasi mengenai sambal hitam dari Madura dan juga resep, bahan, hingga cara membuatnya.