Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Soto Madura: Asal-usul, Variasi, hingga Cara Buat dengan Mi Instan


Soto Madura adalah salah satu kuliner yang punya cita rasa menyegarkan dan sangat menggugah selera siapa pun yang melihatnya. Serupa dengan Sate Madura, makanan khas dari salah satu pulau di Jawa Timur ini sangat populer di masyarakat.  

Bahkan, tidak sedikit juga orang-orang luar negeri yang sudah mengetahui nikmatnya makanan dengan kuah soto ini. Salah satu buktinya adalah keberadaan soto ini dalam menu utama di Bintang Cafe, Albany Highway, Victoria Park, Australia.  

Selain di luar negeri, masyarakat juga bisa menikmati di berbagai daerah, tidak hanya Madura. Bukan itu saja, masyarakat juga bisa mencicipi soto ini dalam beberapa varian, apa saja itu? Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai soto khas Madura, di bawah ini, ya. 

Asal-usul Soto Madura

Meski namanya begitu lekat di telinga masyarakat, tidak sedikit orang yang belum mengetahui asal-usul soto khas daerah Madura ini. Untuk diketahui, soto ini kabarnya bukan kuliner asli daerah Madura, awal mula perkembangannya terjadi pada tahun 1970-an di Surabaya.  

Sebagai buktinya, terdapat Warung Soto Sulung di Surabaya yang menjual kuliner ini antara tahun 70-an hingga 80-an. Sementara itu, tempat makan yang menjual sajian ini baru ada di daerah Madura mulai tahun 1988.

Mengenai penamaannya, orang-orang menyebut bahwa Soto Madura adalah sebutan untuk kuliner soto yang dijual oleh orang asli Madura. Oleh karena itu, makanan ini bisa ditemukan masyarakat dalam berbagai varian yang sama-sama nikmat. 

Variasi Soto Madura

Sebagaimana sempat beberapa kali disinggung sebelumnya, kuliner dengan kuah soto ini terdiri dari beberapa varian. Variasi pertama adalah soto yang dijual pertama kali di daerah Surabaya, tepatnya di Warung Soto Sulung.  

Namun, tidak ada informasi yang lebih lanjut mengenai bagaimana ciri-ciri dari soto ini, kecuali adanya daging sapi. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat yang menyebut kuliner ini dengan sebutan Soto Madura daging.  

Varian kedua, masyarakat bisa menemukan cita rasa soto buatan orang Madura di wilayah Pamekasan. Salah satu ciri soto yang dijual di kabupaten yang berada di Pulau Madura ini tidak hanya punya isian daging sapi.  

Akan tetapi, pengunjung juga bisa menikmati soto dengan varian daging ayam. Varian ketiga bisa didapatkan di wilayah Sumenep, ciri-ciri soto ini adalah memiliki isian berupa usus sapi dan juga singkong rebus.  

Jika mau, masyarakat juga bisa memesan soto dengan sambal kacang serta petis ikan untuk menambah kesegaran kuliner ini. Terakhir, varian unik dari Soto Madura daging ini bisa  ditemukan di wilayah Bangkalan. Yang menjadi ciri khas dari Soto Madura daging sapi ini adalah keberadaan petis dan pisang muda untuk menambah cita rasa menyegarkan. 

Perbedaan Soto Madura dengan yang Lain

Pada umumnya, soto identik dengan kuah gurih yang memiliki warna kuning cukup mencolok. Hal ini juga berlaku pada soto buatan Madura, tetapi rasa Soto Madura daging jauh lebih segar dari yang lainnya.  

Hal ini dikarenakan, kuliner ini mempunyai banyak kondimen yang cukup menyegarkan. Contohnya adalah bumbu koya, sambal kacang, petis, dan masih banyak lagi.  

Selain itu, soto khas Madura lebih dikenal dengan isian dagingnya, terutama daging sapi, babat, usus, hingga daging ayam. Bukan hanya daging, makanan ini juga populer dengan pelengkap berupa kol, tauge, dan telur rebus di atas kuahnya. 

Resep Soto Madura Ayam dan Bahan-Bahan untuk Membuatnya

Jika Anda tinggal di daerah Jakarta, tentu sudah mengenal bagaimana nikmatnya Soto Madura Juanda, bukan? Salah satu tempat makan yang cukup terkenal di Ibukota Jakarta ini hadir dengan isian super lengkap dan rasa yang tidak perlu diragukan.  

Di sini, konsumen bisa memesan berbagai varian Soto Madura daging, mulai dari daging ayam, sapi, jeroan, babat, dan masih banyak lagi. Di akhir tahun yang identik dengan musim hujan, menikmati Soto Madura Juanda bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh.  

Namun, jika Anda tidak sempat berkunjung ke Restoran Sate Madura Juanda, membuatnya secara langsung juga tidaklah sulit. Anda cukup menyiapkan bahan-bahan seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, dan juga merica sebagai bumbu halusnya.  

Untuk bahan utamanya, Anda bisa menyiapkan daging sapi. Namun, jika tidak ada, Anda bisa menggunakan daging ayam dan mencoba mengaplikasikan resep Soto Madura ayam berikut ini.  

Jika Anda tinggal di daerah Jakarta, tentu sudah mengenal bagaimana nikmatnya Soto Madura Juanda, bukan? Salah satu tempat makan yang cukup terkenal di Ibukota Jakarta ini hadir dengan isian super lengkap dan rasa yang tidak perlu diragukan.  

Di sini, konsumen bisa memesan berbagai varian Soto Madura daging, mulai dari daging ayam, sapi, jeroan, babat, dan masih banyak lagi. Di akhir tahun yang identik dengan musim hujan, menikmati Soto Madura Juanda bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh.  

Namun, jika Anda tidak sempat berkunjung ke Restoran Soto Madura Juanda, membuatnya secara langsung juga tidaklah sulit. Anda cukup menyiapkan bahan-bahan berikut sebagai bumbunya. 

Untuk bahan utamanya, Anda bisa menyiapkan daging sapi. Namun, jika tidak ada, Anda bisa menggunakan daging ayam dan mencoba mengaplikasikan resep Soto Madura ayam ini. Berikut adalah bahan utama yang perlu disiapkan. 

Sebagai bahan pelengkapnya, siapkan bahan-bahan berikut ini. 


Jika ada, Anda juga bisa menambahkan kerupuk pada kuliner dengan resep Soto Madura ayam ini.  

Sebagai bahan pelengkapnya, siapkan irisan daun bawang, seledri, bawang merah goreng, jeruk nipis, dan telur rebus. Jika ada, Anda juga bisa menambahkan kerupuk pada kuliner dengan resep Soto Madura ayam ini. 

Cara Membuat Soto dengan Resep Soto Madura Ayam

Di berbagai restoran, kuliner ini dikenal dengan dagingnya yang memiliki tekstur sangat lembut. Termasuk dengan kuliner di restoran Soto Madura Juanda, baik varian daging sapi maupun ayam.  

Untuk diketahui, di berbagai resep Soto Madura ayam maupun daging sapi disebutkan, kunci dari tekstur lembutnya ini adalah perebusan dua kali. Pertama, Anda harus merebus daging hingga setengah matang, lalu meniriskannya.

Selanjutnya, Anda bisa menghaluskan bumbu Soto Madura ayam, seperti ketumbar, jahe, dan rempah-rempah lain seperti yang telah disebutkan. Berikutnya, tumis bumbu Soto Madura ayam hingga tercium bau wangi.  

Kemudian, Anda bisa merebus kembali daging dengan bumbu Soto Madura ayam supaya rempah-rempahnya meresap. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan kaldu pada rebusan bumbu Soto Madura ayam agar rasanya makin nikmat.  

Jika sudah, tunggu hingga matang dan sajikan dengan pelengkap. Untuk rasanya, dijamin tidak akan kalah nikmat dari buatan restoran Soto Madura Juanda, terlebih Anda yang membuatnya sendiri. 

Mudah Buat Soto dengan Mi Instan

Jika resep hingga membuat bumbu Soto Madura Ayam tadi dirasa sulit, Anda bisa menjadikan mi instan sebagai alternatif. Seperti diketahui, saat ini terdapat beberapa merek mi yang menawarkan rasa soto khas daerah Madura, contohnya adalah Mie Sedaap Soto Madura dan Indomie Soto Madura.  

Untuk Mie Sedaap Soto Madura, varian ini memiliki rasa yang cenderung gurih. Sementara itu, Indomie Soto Madura memiliki cita rasa yang lebih segar.  

Meski begitu, baik Mie Sedaap Soto Madura maupun Indomie Soto Madura sama-sama memiliki rasa yang nikmat. Terlebih, mi-nya kenyal dan cukup lebar-lebar sehingga nyaman ketika dikunyah.  

Supaya Anda bisa menikmati Indomie Soto Madura ataupun Mie Sedaap Soto Madura dengan rasa yang benar-benar Madura, tambahkan kondimen lain. Meskipun keduanya sudah menawarkan pelengkap seperti topping daun jeruk ataupun bawang goreng, tidak ada salahnya menambah pelengkap lain.  

Misalnya, telur rebus, daging, sambal, kerupuk, dan lain sebagainya. Jika mau, Anda juga bisa menambahkan kol, tauge, hingga sohun atau bihun sebagai salah satu ciri dari soto khas Madura.  

Nah, jadi bagaimana? Tertarik mengeksplor cita rasa soto khas Madura? Baik dari kuliner asli yang terdiri dari empat varian maupun dari instan seperti Mie Sedaap Soto Madura atau Indomie Soto Madura?