Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
in feeds

Bubur Kacang Ijo Madura: Sejarah, Resep, dan Manfaatnya

Bubur kacang ijo atau bubur kacang hijau tentu sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa manis dan gurih dari santan. Di sini kamu akan mengetahui lebih jauh mengenai bubur kacang ijo Madura, berikut dengan sejarah, resep, dan juga manfaatnya.

Sejarah Bubur Kacang Ijo Madura

Bubur kacang ijo Madura adalah salah satu makanan manis khas Indonesia yang di dalamnya mengandung tinggi serat. Sesuai dengan namanya, bubur kacang ijo menggunakan bahan utama kacang hijau dan campuran kuah santan yang menjadikan perpaduan rasa manis dan gurihnya begitu nikmat. Walaupun namanya bubur kacang ijo Madura, namun kita bisa menemukan hidangan ini di mana saja, bahkan sebagian besar warkop di berbagai daerah di Indonesia juga sudah menyediakan menu bubur kacang ijo.

Bubur kacang ijo Madura juga bisa dijadikan es bubur kacang ijo Madura, caranya kamu hanya perlu memasukkan bubur tersebut ke kantong plastik khusus es dan mendinginkannya di kulkas. Atau bisa juga dengan memasukkan potongan es batu ke dalam bubur kacang ijo.

Biasanya bubur kacang ijo dinikmati selagi cuaca dingin atau ketika hujan karena bubur ini dihidangkan selagi hangat sehingga bisa membantu menghangatkan tubuh kita. Sedangkan ketika cuaca sedang panas, kamu bisa menambahkan es batu sehingga bisa menjadikannya es bubur kacang ijo Madura.

Aroma yang begitu sedap dari bubur kacang ijo membuat siapa saja ingin menyantapnya. Perpaduan kuah santan, gula merah, daun pandan yang harum mampu membius siapa saja yang berada di dekatnya karena memiliki aroma yang begitu menggoda.

Sebenarnya hingga saat ini belum banyak diketahui mengenai asal-usul dari makanan manis tersebut, namun bahan-bahan yang dipakai ketika membuat bubur kacang ijo adalah tumbuh-tumbuhan yang berasal dari Cina ke Indonesia.

Nah, perbedaan yang cukup mencolok dari bubur kacang ijo Madura dengan bubur kacang ijo lainnya adalah bubur Madura tidak menggunakan jahe dan kuah santannya tidak terlalu kental atau tidak terlalu encer.

Bahan Membuat Bubur Kacang Ijo Madura

Untuk bahan-bahan membuat bubur kacang ijo Madura bisa kamu lihat di bawah ini:

  • 250 gr kacang ijo, rendam selama 1 jam
  • 1 liter air 
  • 2 lembar daun pandan 
  • ¼ sdt vanili bubuk 
  • 150 gr gula pasir     
  • ½ sdt garam 
  • 1 liter santan kelapa 
  • 200 gr ketan hitam (opsional), direndam selama 2 jam 
  • 1 lembar daun pandan 
  • ¼ sdt garam 
  • 1000 ml air

Bahan Pelengkap Bubur

  • 5 lembar roti tawar
  • 50gr nangka matang yang sudah dipotong dadu 
  • 200ml santan kental, didihkan dengan sedikit garam

Cara Bikin Bubur Kacang Ijo Madura

Sedangkan untuk cara bikin bubur kacang ijo Madura bisa Anda lihat di bawah ini langkah-langkahnya:

  1. Kukus beras ketan hitam selama 20 menit hingga mengembang.
  2. Didihkan air, masukkan ketan, daun pandan, dan garam. Masak semuanya hingga matang. 
  3. Pada wadah yang berbeda, kamu bisa mendidihkan air dan rebus kacang ijo serta daun pandan. 
  4. Tambahkan santan dan vanili, aduk perlahan sampai mendidih. 
  5. Dan bubur kacang ijo Madura siap disajikan.

Manfaat Bubur Kacang Ijo

Lantas, bagaimana dengan manfaat dari bubur kacang ijo ini? Tentu ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Bubur kacang ijo sejak dulu dikenal dengan hidangan yang sehat dan bergizi karena mengandung protein, serat, dan juga rendah lemak. Selain itu juga mengandung banyak sekali nutrisi baik seperti asam folat, karbohidrat, dan mineral serta vitamin yang begitu bermanfaat untuk tubuh. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, bisa mencoba bubur kacang ijo. Dan bahkan sebagai obat alami untuk seseorang yang menderita anemia.

Senyawa isoplavon yang terkandung di dalam bubur kacang ijo dengan estrogenik bisa mengurangi keluhan pasca menopause.

Demikian informasi dari kami mengenai bubur kacang ijo Madura, beserta dengan sejarah, resep bubur kacang ijo Madura, dan juga manfaat nya. Silakan dicoba resepnya, dan semoga bermanfaat informasi ini untuk kamu!

Post a Comment for "Bubur Kacang Ijo Madura: Sejarah, Resep, dan Manfaatnya "