Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petis Madura: Sejarah, Perbedaan dengan Petis Surabaya, dan Resep

Bagi penikmat kuliner Nusantara, petis tentunya sudah tidak asing lagi. Petis adalah pelengkap dan juga penyedap yang digunakan dalam masakan khas Indonesia. Petis sendiri berbahan dasar makanan laut seperti udang, kupang (Corbula Faba), atau ikan. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai petis Madura, berikut dengan petis Madura resep.

Sejarah Petis

Tekstur dari petis seperti pasta kental dengan warna coklat dan ada juga yang hitam. Petis juga mempunyai beragam rasa, namun di Jawa Timur petis cenderung memiliki rasa yang manis dan sedikit asin.

Petis adalah produk makanan yang masuk ke dalam kelompok saos, menyerupai bubur dengan tekstur yang kental namun halus, liat, dan elastis. Warna dari petis juga bergantung dari bahan apa yang digunakan. Di balik warna petis yang unik, petis masuk sebagai bahan dapur yang begitu lekat dengan masyarakat Madura dan Jawa. Di Madura sendiri petis adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk membuat rujak petis Madura, sambal petis Madura, dan lain sebagainya.

Terdapat perkataan orang Madura tentang petis yang cukup unik, yaitu “rujak buah tanpa petis, bagaikan hubungan tanpa rasa sayang”. Dari perkataan tersebut dapat kita simpulkan bahwa petis memang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Madura ya.

Sedangkan dalam hal asal usul dari petis sendiri memang belum diketahui secara pasti, yang jelas petis adalah bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Petis juga berbeda dengan terasi yang juga terkenal di kawasan Asia Tenggara.

Bedanya Petis Madura dengan Petis Surabaya

Apakah Anda mengetahui perbedaan petis Madura dengan petis Surabaya? Jika belum mengetahuinya, mari simak penjelasan di bawah ini:

1. Bahan dan Cara Pembuatan Petis

Pada umumnya petis Madura terbuat dari kaldu udang atau kaldu yang berasal dari pindang ikan. Kemudian adonan tersebut diberikan garam yang disusun secara berlapis di dalam tempayan, setelah itu dimasak dengan api yang cenderung kecil sampai warna adonan jadi kepekatan. Jika adonan petis sudah matang, maka pindang-pindang ditiriskan. Larutan kaldu ikan yang bercampur garam dimasukkan ke dalam wadah dan diolah menjadi petis ikan.

Sedangkan untuk petis Surabaya, sebenarnya bahannya juga sama dengan petis Madura terbuat dari kaldu ikan atau udang. Namun kaldunya ini terbuat dari kepala ikan yang ditambahkan air dan dihaluskan, setelah itu disaring.

Kaldu tersebut dimasak dengan bumbu-bumbu lainnya, tak ketinggalan dicampur dengan garam dan gula sampai airnya menyusut dan tekstur adonan menjadi pasta. Sekarang sudah tidak bertanya-tanya Petis Madura Terbuat dari apa.

2. Rasa Petis

Cara pembuatan petis Madura dan Surabaya yang berbeda ini apakah mempengaruhi rasanya juga? Tentu saja iya. Rasa dari petis Madura lebih asin dan tidak terlalu amis. Ini dikarenakan ketika petis Madura dibuat hanya menggunakan kaldu dari pembuatan pindang ikan yang mengandung banyak garam. Berbeda dengan petis Surabaya yang rasanya lebih ke manis karena menggunakan gula pasir atau gula merah dalam pembuatannya.

3. Tekstur dan Warna Petis

Kalau dilihat dari teksturnya sebenarnya petis Madura atau petis Surabaya memiliki kesamaan, yaitu kental seperti pasta. Namun warna anatara keduanya berbeda, petis Madura warnanya lebih ke coklat cerah, sedangkan petis Surabaya berwarna lebih hitam.

4. Penggunaan Sambal Petis Madura pada Makanan

Memiliki tekstur dan rasa yang berbeda, membuat penggunaan kedua petis ini juga berbeda. Petis Madura yang rasanya lebih asin biasanya digunakan untuk penyedap dan menambah cita rasa masakan seperti rujak petis Madura, sambal goreng, lontong Madura, dan lainnya. Petis Surabaya rasanya lebih manis sehingga digunakan untuk pemberi warna, penyedap, dan penambah rasa juga. Apakah sudah penasaran dengan Resep Petis Madura? Berikut penjelasannya:

Resep Sambal Petis Madura

Ingin tahu petis Madura resep untuk sambal? Simak pembahasan berikut ya.

Bahan Sambal

  • 2 sdm petis Madura
  • 4 buah cabai rawit 
  • 1 buah tomat 
  • 1 buat timun 
  • 1 genggam kecambah atau toge kecil mentah 
  • Garam dan gula sesuai selera

Cara Membuat Sambal

  1. Langkah pertama ulek petis, cabai, garam, dan gula.
  2. Jika semuanya sudah halus, cicipi rasanya. 
  3. Masukkan irisan timun, tomat, dan kecambah. 
  4. Sajikan.